RSS

Peranan Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran

28 Nov

Kini dunia telah memasuki dan sedang dalam abad teknologi dan informasi, dimana intensitas dari perkembangan teknologi dan informasi dalam berbagai bidang kehidupan mengalami kemajuan yang pesat. Setiap aspek kehidupan didominasi oleh penggunaan barang hasil inovasi dan produksi dari perkembangan teknologi, kehidupan dunia dipermudah dengan keberadaannya tersebut (baca: teknologi). Hal ini adalah sebuah keniscayaan, karena sejatinya peranan dan fungsi dari adanya teknologi adalah untuk mempermudah kehidupan serta untuk membantu manusia dalam memecahkan berbagai masalah kehidupan yang ada. Tak terkecuali dengan aspek pendidikan, teknologi memiliki peranan penting didalam pemecahan masalah pendidikan yang ada hingga detik ini.
Salah satu masalah pendidikan yang belum kunjung terpecahkan adalah masalah mutu pembelajaran. Sistem pendidikan makro yang telah dirancang sebaik mungkin sekalipun, jika dari aspek mikro yaitu mutu pembelajaran belum berjalan dengan baik, maka konsep tersebut takkan mampu tertuangkan dan dirasakan secara maksimal hingga ke objek pembelajar, yaitu peserta didik. Berkenaan dengan masalah tersebut, teknologi pendidikan hadir sebagai tawaran solusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

Definisi Teknologi Pendidikan
Mengacu pada paradigma baru teknologi pendidikan menurut Association for Educational Communication and Technology atau disingkat AECT pada tahun 2004, yang mendefinisikan bahwa teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja dengan cara menciptakan, menggunakan/memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat. Apabila kita cermati dengan seksama, definisi tersebut secara gamblang memfokuskan teknologi pendidikan terhadap upayanya dalam memfasilitasi dan meningkatkan mutu pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang pesat pada masa sekarang.
Membahas mengenai definisi dari teknologi pendidikan, terlebih dahulu kita perlu untuk menyatukan satu pandangan. Teknologi disini bukan hanya sesuatu yang bersinggungan dengan perangkat keras saja, melainkan segala hal yang berkaitan dan menjadi kesatuan integral dalam membantu proses pembelajaran.

Indikator Pembelajaran yang Efektif
Pembelajaran adalah suatu usaha yang disengaja, bertujuan, dan terkendali agar orang lain belajar atau terjadi perubahan yang relatif menetap pada diri orang lain. Setelah kita mengetahui definisi dari pembelajaran, maka langkah selanjutnya yang harus kita pikirkan bersama yaitu mengidentifikasi perihal apa saja yang menjadi indikator pembelajaran yang efektif.
Wortruba dan Wright pada tahun 1975 melakukan pengkajian atas 21 program penataran dosen (faculty development), dan menyimpulkan terdapat tujuh indikator yang menunjukkan pembelajaran yang efektif. Indikator tersebut antara lain:
a) Pengorganisasian kuliah dengan baik;
b) Komunikasi secara efektif;
c) Penguasaan dan antusiasme dalam mata kuliah;
d) Sikap positif terhadap mahasiswa;
e) Pemberian ujian dan nilai yang adil;
f) Keluwesan dalam pendekatan pembelajaran; dan
g) Hasil belajar mahasiswa yang baik.

Peranan Teknologi Pendidikan
Setelah dibahas mengenai indikator pembelajaran yang efektif menurut Wortruba dan Wright, berikut akan dijabarkan peranan teknologi pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran dengan mengacu pada indikator tersebut.
1. Pengorganisasian Pembelajaran dengan Baik
Agar terciptanya kegiatan pembelajaran yang terorganisir, maka sebelumnya perlu ada perencanaan yang matang dari segala aspeknya. Untuk menjawab hal ini, teknologi pendidikan memiliki sub kajian keilmuan yang berkorelasi, yaitu desain pembelajaran. Berbagai model desain pembelajaran telah dikembangkan oleh para pakar teknolog pendidikan, namun disini akan dikutip salah satu contoh model desain pembelajaran yang dikembangkan oleh Jerold E. Kemp. Langkah-langkah pengembangan desain pembelajaran model Kemp, terdiri dari delapan langkah, antara lain:
a) Menentukan judul dan tujuan pembelajaran umum;
b) Menganalisis karakteristik siswa;
c) Menentukan tujuan pembelajaran khusus;
d) Menentukan materi pembelajaran;
e) Menentukan pre test;
f) Menentukan kegiatan belajar mengajar dan sumber belajar;
g) Koordinasi sarana pendukung;
h) Evaluasi.
2. Komunikasi secara Efektif
Agar pesan pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dapat diterima dengan baik oleh para peserta didik, maka pendidik hendaknya memiliki pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara menyampaikan pesan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan jenisnya, pesan yang disampaikan terdiri dari tiga ranah, yaitu ranah audio, ranah visual, dan ranah kinestetik.
Untuk pesan yang berupa audio, hendaknya pendidik menguasai teknik komunikasi dengan baik. Penyampaian pesan verbal (nada, intonasi, ekspresi, dan lain-lain), penguasaan audiens, dan penggunaan bahasa yang sesuai dengan tingkatan dan kemampuan audiens, mutlak untuk diperhatikan.
Dalam ranah pesan visual, pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan dari media pembelajaran mutlak dipahami oleh para pendidik. Bagaimana pesan pembelajaran dalam bentuk visual tersebut agar dapat tersampaikan serta tervisualisasikan dengan efektif, menarik, singkat, dan lugas.
Berkaitan dengan ranah kinestetik, penyampaian pesan pembelajaran yang efektif dapat berupa pembentukan diskusi kelompok bagi para peserta didik dan diperbanyaknya praktik dalam pembelajaran yang sifatnya berupa keterampilan. Hal ini dapat menstimulus siswa untuk bergerak dan aktif sehingga komunikasi pembelajaran yang disampaikan menjadi efektif.
3. Penguasaan dan Antusiasme dalam Mata Pelajaran
Seorang pendidik dituntut untuk menguasai sepenuhnya materi pelajaran yang akan disampaikan. Selain dari peranan media pembelajaran dalam membantu penyampaian pesan pembelajaran, dorongan motivasi internal dari pendidik untuk mencerdaskan peserta didik mutlak diperlukan. Indikator dalam hal ini memang sifatnya abstrak, namun akan bisa dirasakan perbedaannya oleh para peserta didik.
4. Sikap Positif Terhadap Peserta Didik
Menempatkan diri sebagai seorang ayah, seorang sahabat, dan juga seorang konselor dihadapan para peserta didik terkadang memang harus dilakoni oleh para pendidik. Membangun keterikatan batin antara pendidik dan peserta didik akan sangat membantu dalam proses pembelajaran. Korelasinya dengan peranan teknologi pendidikan adalah, kemampuan pedagogik dan pemahaman yang baik tentang psikologi kependidikan perlu dimiliki pendidik.
5. Adil dalam Ujian dan Penilaian
Mengacu pada desain pembelajaran model Kemp yang dikutip pada poin 1, maka setelah berbagai rangkaian kegiatan pembelajaran telah dilaksanakan, langkah terakhir yang harus ditempuh adalah melakukan evaluasi pembelajaran.
Evaluasi yang dilakukan hendaknya dilakukan seobjektif mungkin, soal ujian yang dilampirkan sesuai dengan materi pelajaran yang diberikan serta merujuk pada tujuan pencapaian dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya.
Hal lain yang perlu diperhatikan didalam evaluasi pembelajaran adalah bahwa evaluasi tersebut harus mencakup keseluruhan aspek dari peserta didik, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
6. Keluwesan dalam Pendekatan Pembelajaran
Menghadapi permasalahan pembelajaran yang berbeda dan variatif menuntut fleksibilitas dalam pendekatan belajar yang dilakukan. Untuk menjawab tantangan tersebut, teknologi pendidikan melalui sub kajian keilmuan teori intelegensia ganda, model pembelajaran, dan strategi pembelajaran, diharapkan mampu memecahkan tersebut.
7. Hasil Belajar Mahasiswa yang Sesuai
Diharapkan dengan rangkaian kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan secara keseluruhan, akan muncul perubahan perilaku yang relatif permanen pada peserta didik, dan juga memiliki kesesuaian dengan tujuan pembelajaran.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on November 28, 2011 in Pendidikan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: